Sertijab Pimpinan AKN I, Hendra Susanto Tekankan Pentingnya Perencanaan Pemeriksaan

Jakarta, Beritakajang.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar acara serah terima jabatan (sertijab) pimpinan Auditorat Utama Keuangan Negara I BPK dari Agung Firman Sampurna kepada Hendra Susanto, Rabu (11/12/2019).

Acara sertijab dilaksanakan di kantor pusat BPK di Jakarta, dan dihadiri oleh Auditor Utama Keuangan Negara I Heru Kreshna Reza, Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD, dan kekayaan negara/daerah yang dipisahkan lainnya, Novy Gregory Antonius Pelenkahu, para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Auditorat Keuangan Negara (AKN) I.

Agung Firman Sampurna yang pada saat ini menjabat sebagai Ketua BPK mengatakan, para pemeriksa BPK diharapkan dapat memelihara dalam hal antara lain harus dapat menguatkan komitmen untuk dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya, sesuai dengan standar yang berlaku.

“Selain itu, para pemeriksa harus dapat berupaya untuk dapat meningkatkan kompetensinya dan menjalin kebersamaan dalam perbedaan sebagai sebuah tim yang solid untuk mencapai BPK yang lebih baik,” jelas dia.

Sementara itu, Hendra Susanto dalam sambutannya mengatakan setiap pemeriksaan diharapkan harus dengan perencanaan yang matang, karena tidak mungkin dapat melaksanakan pemeriksaan dengan baik, apabila tidak memiliki perencanaan pemeriksaan yang baik.

“Sebagian besar keberhasilan dalam pemeriksaan tersebut ada diperencanaan, sisanya adalah keberhasilan di dalam tahap pelaksanaan. Apabila melaksanakan sesuatu tanpa adanya perencanaan maka kita sudah merencanakan kegagalan, jadi perencanaan pemeriksaan itu porsinya lebih dari 60%”, ujar Hendra Susanto.

“Memeriksa itu seperti kita akan berperang, oleh karena itu harus dapat memetakan musuh, medan tempur, dan kekuatan diri sendiri sehingga dengan itu kita dapat menentukan senjata apa yang harus dipersiapkan,” ungkap dia lagi.

Usai sambutan dari Ketua BPK dan pimpinan Auditorat Utama Keuangan Negara I BPK, kegiatan sertijab tersebut dilanjutkan dengan penyerahan memori jabatan dari Agung Firman Sampurna kepada Hendra Susanto, dilanjutkan dengan foto bersama dengan para pejabat struktural dan fungsional yang hadir. (Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *