Wacana Perubahan TNKB untuk Peningkatan Keamanan

PALEMBANG, beritakajang.com – Kasubdit Regindent Ditlantas Polda Sumsel, AKBP Donni Eka Syaputra menerangkan, fungsi dari perubahan ukuran dan warna tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), yang diwacanakan Korlantas Polri.

Menurutnya, hal tersebut diberlakukan untuk keamanan. “Perubahan yang diwacanakan Korlantas Polri, tak lain untuk keamanan dan memudahkan Polri dalam mengidentifikasi kendaraan yang melakukan pelanggaran termasuk melacak kendaraan yang tabrak lari,” ujarnya saat ditemui di ruanganya, Sabtu (28/7/2018).

Lalu, perubahan-perubahan yang dilakukan Korlantas Polri, lanjut alumni Akpol 1999 ini dengan cara mengup date kemajuan teknologi yang terus berkembang. Salah satunya dengan cara memasang CCTV disetiap jalan raya termasuk perubahan warna tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

“Setelah dikaji oleh ahli, ternyata TNKB yang berwarna dasar hitam setelah ditangkap camera pengawas atau CCTV buram karena gelombang elektromatik yang diterima oleh komputer sangat kecil sehingga tidak terbaca saat kendaraan dengan kecepatan tinggi melintas,” imbuhnya.

Dia menambahkan, setelah dicek ternyata yang paling mudah dilihat dan yang paling besar gelombang elektromatiknya serta mudah dibaca oleh komputer adalah warna dasar putih dan warna tulisan hitam sekalipun kendaraan yang melintas dengan kecepatan tinggi bisa terdeteksi.

“Jadi dari itu disepakati oleh seluruh Kasubdit Regindent Ditlantas Polda se Indonesia perubahan TNKB dari warna dasar hitam ke warna dasar putih,” bebernya

Untuk menuju kesana harus melalui tahapan dan rangkaian termasuk penganggaran dana yang cukup besar karena perubahan yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. (@bdus-7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *