Menhub Nilai, Jalur Ganda Kereta Api Tingkatkan Produktivitas

0
20

PRABUMULIH, Beritakajang.com      Dengan adanya pembangunan Doble Track atau jalur ganda Kereta Api, akan meningkatkan produktivitas baik itu angkutan penumpang maupun logistik terutama batu bara. Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, saat meninjau pembangungan jalur ganda kereta di Kota Prabumulih, Jumat (20/4/2018).

Mantan Direktur Angkasa Pura II itu mengatakan, dengan adanya Doble Track itu jarak tempuh waktu dari palembang menuju Prabumulih akan semakin singkat. “Selama ini dari Palembang menuju Prabumulih memakan waktu 2 jam, namun dengan adanya Doble Track jarak tempuh menjadi 1 jam lebih cepat,” katanya.

Selain itu, Doble Track itu nantinya akan meningkatkan produktivitas logistik seperti batu bara. Karena selama ini angkutan batu bara banyak menggunakan jalur darat. “Diharapkan nanti angkutan batu bara dapat berkurang, karena nanti akan lebih diprioritaskan menggunakan gerbong kereta. Sehingga dapat meminimalisir kerusakan jalan yang selama ini terjadi,” ungkapnya kepada media.

Ia juga menambahkan, diharapkan dengan adanya Doble Track tersebut minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api akan semakin meningkat. “Doble Track tersebut akan siap di operasikan mulai 25 April mendatang,” singkatnya.

Sementara itu, sebagai tambahan Pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp 2,1 triliun lebih untuk pembangunan jalur ganda kereta. Dengan rincian untuk jalur Palembang-Prabumulih sebesar 1,3 triliun sedangkan untuk jalur Martapura-Baturaja sebesar Rp 800 miliar. (old).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here