DPT Pilkada OKI dan Pilkada Sumsel Sebanyak 476.863

0
25

Kayuagung, Beritakajang.com     Rapat Pleno Terbuka Penetapan Rekapitulasi DPS Hasil Perbaikan Sebagai Daftar Pemilih Tetap Dalam Pemilihan Bupati dan Wabup OKI serta Gubernur dan Wagub Sumsel 2018, di Kabupaten OKI disahkan secara bersama-sama. Dan ditandatangani oleh ketua KPU OKI, Dedi Irawan, SIP, di Kesekretariatan Aula KPU setempat pada Kamis (19/4/2018).
Dimana pada kesempatan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh, Ketua Panwaslu OKI, M Fahruddin SH, perwakilan Disdukcapil OKI, perwakilan dari ketiga pasangan calon Bupati dan Wabup OKI, unsur dari Kepolisian Polres OKI, Kejaksaan OKI, dan para Komisioner KPUD Kabupaten OKI.
Ketua KPUD OKI Dedi Irawan, S.IP., M.Si menyatakan dari hasil rapat pleno ditetapkan total DPT pilkada OKI dan pilkada Sumsel sebanyak 476.863 terdiri atas 245.042 laki-laki dan 231.821 perempuan, yang tersebar di 18 kecamatan dan 327 desa/kelurahan dan 1.818 TPS.
Dari hasil penetapan DPT itu didapati sebanyak 42.533 masyarakat yang tidak terdaftar pada sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).
Untuk mengatasi persoalan ini, pihak KPUD OKI bekerjasama dengan Disdukcapil OKI membuatkan surat keterangan (suket) terhadap data-data tersebut yang nantinya oleh pihak KPU akan dikirim ke KPU pusat agar bisa mendapatkan hak pilihnya.
“ Ya tentunya kami akan berupaya semaksimal mungkin agar 42.533 pemilih yang tak terbaca sistem untuk masuk menjadi pemilih pada pilkada OKI, sehingga bisa melakukan pencoblosan,” .
Dedi menegaskan hasil dari rapat pleno ini akan disampaikan ke KPU RI, dengan catatan melampirkan aturan Disdukcapil perihal ketidaksediaan pihak Disdukcapil OKI menandatangani berita acara.
Sementara itu, Ketua Panwaslu OKI, Fachrudin, SH menyikapi hal tersebut dan mengatakan, memang kalau sejak dulu administrasi kependudukan di Kabupaten OKI bermasalah, pungkasnya. (RON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here