Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten OKI Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

0
172

Kayuagung,Beritakajang.com-Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKI kembali menggelar pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) OKI di Jalan Sepucuk, Senin (12/3/2018).

Pelatihan berbasis kompetensi merupakan peran serta dari pemerintah daerah dalam rangka memberikan wawasan dan kemampuan bagi para pemuda dan pemudi untuk mengembangkan diri dan wawasannya sehingga mempunyai kopentensi serta kemampuan untuk berwirausaha.

Sehingga pemuda dan pemudi khususnya yang berada di Kabupaten OKI mampu untuk mengembangkan dirinya serta mampu bersaing dalam dunia industri sehingga memiliki kredibilitas sesuai dengan bidang yang telah di ikuti agar dapat berguna untuk dirinya dan dapat menerapkan keterampilan yg di dapat baik untuk berwiraswasta maupun dunia kerja.

Pelatihan keterampilan ini meliputi keterampilan komputer, bengkel las listrik, otomotif, menjahit, pertukangan, dan pertanian.

Acara pelatihan ini turut dihadiri oleh kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten OKI Tohir Yanto S.sos.

Dalam kata sambutannya Tohir mengatakan Pemerintah daerah berharap dengan adanya pelatihan berbasis kompetensi ini masyarakat mempunyai kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih baik yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat sekitar yang tidak atau belum mempunyai pekerjaan tetap.

” Saya berharap agar dengan adanya program pelatihan berbasis kompetensi ini seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat nya terlebih para pemuda dan pemudi yang mempunyai potensi namun minim keterampilan,”ucapnya.

Masih kata Tohir dirinya menginginkan dengan adanya pelatihan ini dapat tercipta banyak lapangan kerja yang dapat dilakukan oleh para pemuda dan pemudi yang telah ikut dalam pelatihan tersebut sehingga dapat menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten OKI.

Diketahui para peserta pelatihan berasal dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten OKI, mulai dari pengangguran, putus sekolah maupun yang sedang bekerja. Untuk saat ini hanya beberapa kecamatan yang ikut pelatihan, seperti Kecamatan SP. Padang dan Kecamatan Kayuagung dan tidak menutup kemungkinan akan diikuti oleh kecamatan lain.

“Usia para peserta sendiri tidak di batasi, yang penting mereka masuk pada usia produktif. Saat ini baru Kecamatan SP Padang dan Kecamatan Kayuagung , namun nantinya kita akan ikut sertakan kecamatan kecamatan lainnya. Untuk para peserta setelah mengikuti pelatihan akan diberikan sertifikat yang berguna untuk bekal mereka apabila hendak melamar pekerjaan,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan berbasis kompetensi akan terus dilakukan dan akan di sinergikan dengan para stage holder yang ada di kabupaten OKI.(Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here